Kegagalan Motor Honda Kirana {2002-2004}



Kegagalan Motor Honda Kirana {2002-2004}

Gambar terkait

Hal-hal di masa lalu tentang Honda Kirana yang diabaikan sehingga menjadi penyebab kegagalan Honda Kirana yaitu:
 Aspek Produk
Terdapat berbagai bagian pada Honda Kirana yang diabaikan sehingga menyebabkan kegagalan Honda Kirana di pasar, yaitu.
1.      Body Honda Kirana
Body Honda Kirana yang terlalu mirip dengan Honda grand sehingga menyebabkan terjadi kejenuhan konsumen Honda. Sebenarnya PT Astra Honda Motor waktu itu merencanakan untuk memproduksi motor dimana body-nya dibuat sedimikian rupa sehingga nyaman dipakai untuk laki-laki, perempuan, dan remaja sehingga body Honda grand dibuat ramping, tidak terlalu berat untuk dipakai wanita serta tidak terlalu tinggi untuk postur orang Indonesia yang pendek. Namun sebelum muncul Honda Kirana sudah terdapat banyak motor yang berpostur seperti itu salah satunya adalah Honda grand yang juga diproduksi oleh Astra sehingga terjadi kejenuhan pasar.

Gambar terkait

2.      Karburator
Karburator pada Honda grand kurang bagus dibanding dengan motor lainnya. Padahal kita mengetahui bahwa karburator pada motor adalah salah satu hal ynag penting karena berfungsi dalam pencapuran bahan bakar dengan udara dalam ukuran yang tepat. Sehingga apabila karburator pada motor tersebut bermasalah maka akan berpengaruh suplai bahan bakar yang nantinya akan menyebabkan kerja mesin secara keseluruhan terganggu (motor menjadi kurang bertenaga dan mogok).
3.      Suku cadang (spare part)
Suku cadang dan aksesori pada Honda grand sangat sulit untuk ditemukan di pasar sehingga penggunanya merasa kebingungan apabila mengalami kerusakan mesin atau ingin mengganti mesin atau aksesoris motornya, hal ini menyebabkan permintaan akan Honda grand tidak se-agresif permintaan pada motor lain. Sering kali pengguna Honda Kirana menggunakan spare part motor lain untuk mengganti spare part pada Honda Kirana.
4.      Rem tromol
Pada Honda Kirana masih menggunakan rem tromol yaitu rem bukan cakram sehingga pengguna tidak dapat memaksimalkan penggunaan rem pada Honda Kirana (rem tidak pakem), hal ini sangat berbahaya ketika pengendara berada pada kecepatan yang tinggi dan akan menggunakan rem secara mendadak. Rem ini yang merupakan salah satu kelemahan yang harus dipikirkan secara mendalam oleh konsumen jika akan membeli produk ini.
Aspek Pemasaran
Pemasaran produk Honda Kirana sangatlah kurang, iklannya saja yang ditayangkan di televisi hanya sebentar (dahulu dengan ikon Jaja Miharja dan bintang betawi lainnya) dengan konsep iklan yaitu Honda Kirana adalah motor keluarga yang dapat dipakai oleh siapa saja. Mungkin karena konsumen tidak begitu tertarik dengan Honda Kirana dan kala itu Honda Kirana hanya diproduksi dalam jumlah yang sedikit sehingga konsumen kesulitan untuk mencari Honda Kirana. Hal inilah yang mungkin menjadi alasan PT Astra Honda Motor untuk menghentikan pemasaran Honda Kirana. 
Apalagi dengan dilaunchingkannya Honda Karisma yang menjadi booming waktu itu maka Honda Kirana-pun seperti dilupakan dari pasar (hanya bertahan pada tahun 2002 sampai 2004).

Comments

Popular posts from this blog

Cara Modifikasi Honda C70 Thailook Agar Lebih Full Collor dan Glamor

Beli Dua Yamaha XMAX Sekaligus, Disuntik Semua Di Atas 300 Cc

Koleksi Modifikasi Motor Zoomer Terbaru